Selasa, 12 Desember 2017

Klengkeng merah

Bunga Klengkeng Merah




Klengkeng merah yang sedang berbunga.
keunikan klengkeng merah ini menurut saya Hanyalah warna yang unik yang berwarna merah cerah.
inilah yang bikin saya tertarik untuk memikatnya.
karna yang memiliki warna yang khas yang tidak dimiliki olleh klengkeng jenis lainya.
klengkeng ini cantik jika di tanam dalam tambulapot apalagi pas berbuah warna daunya aja nyenengin hehe.

inilah keungulan si klengkeng merah/rubi longan

kekurangan klengkeng merah ini hanyalah dalam buahnya daging buahnya agak tipis dikit dan berair seperti klengkeng diamon.
tapi menurut pribadi saya lebih tebal klengkeng merah daging buahnya dari pada daging klengkeng diamon.

meskipun klengkeng merah ini dagingnya agak tipis tapi harga bibitnya masih tinggi dan banyak peminatnya karna keunikannya.
mungkin masi standar untuk jenis klengkeng merah ini.
Jangan ragu untuk menanan bibitnya.
buat koleksi tambulapot/halaman pekarangan rumah.


  • Nama latin : Dimocarpus longan
  • Sifat dan keunggulan buah : Tidak hanya dari sosok tampilannya yang menarik, tetapi cita rasanyapun manis, daging buah putih bening dan juicy.
  • Sifat dan keunggulan bibit : Tanaman ini adaptif di daerah dataran rendah dan rajin berbuah. Saat ini lengkeng merah sangat cocok ditanam sebagai koleksi tanaman buah dalam pot.
  • Umur Berbuah : 2 – 3 tahun
  • Cara Pembibitan : Okulasi
  • Tabulampot  : Bisa
  • Tanah biasa : Bisa



 Cara Pemeliharaan :
  • Yang pertama yaitu disiram dengan air setiap 2 kali sehari pagi hari dan sore hari. Bila kondisi tanah tanaman masih terlihat basah, maka cukup satu kali penyiraman saja pada waktu pagi hari.
  • Kedua adalah pemupukan. Tanaman kelengkeng tidak berbuah bisa jadi karena tidak subur. Kondisi itu bisa disebabkan oleh kurangnya asupan gizi untuk tanaman misal pupuk. Maka dari itu, berilah pupuk dengan cara sebagai berikut : pupuk ditaburkan melingkar sesuai dengan tajuk tanaman. Jika tajuk tanaman sudah tumbuh melebihi diameter pot, pupuk ditaburkan sekitar satu jengkal dari pangkal tanaman.

Deskripsi.
  • Lengkeng Merah/RED RUBY, tanaman buah langka asal Amerika ini tahan tumbuh di dataran rendah dan panas. Kehadirannya mampu memikat para pencinta tanaman buah karena sejumlah keistimewaannya. Selain warna yang atraktif, tanaman ini adaptif di dataran rendah serta mudah berbunga dan berbuah. Spesies  baru bernama Ruby Longan ini jumlahnya masih sangat langka di Indonesia. Tak heran bibit tanaman ini jadi buruan banyak orang

Artikel
  • Menurut Prof. Roedhy Poerwanto, peneliti dari Pusat Kajian Hortikultura Tropis IPB, menduga mutasi yang menghasilkan warna merah pada lengkeng merah karena fenomena bud spot, yaitu perubahan genetik atau mutasi pada mata tunas dari induk normal. Karakterisitik asli fenotip (sifat yang tampak) memiliki kulit buah berwarna cokelat. Mutasi akibat pengaruh alam semesta pada sel di mata tunas menyebabkan warna resesif merah pada lengkeng dari induknya pun muncul. Sel yang bermutasi tersebut membelah diri dan akhirnya membentuk jaringan dan organ baru. Seluruh sel dari batang, daun, bunga, hingga buah akhirnya memiliki gen yang sama.
  • Diperkirakan dalam 2 tahun bibit buah  tersebut sudah mulai berbuah. Lengkeng merah ini dapat ditanam langsung di tanah maupun di pot (tabulampot).
Konsultasi tentang bibit klengkeng merah
Hub 085229034824/whatsaap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar