Selasa, 22 Maret 2016

Mangga Kiojay

                     MANGGA KIOJAY

Budidaya Mangga Kio Jay – Mangga kio jay merupakan mangga unggulan yang berasal dari Thailand. Jenis mangga ini mampu menghasilkan buah dengan ukuran super jumbo dan rasa yang manis, harum dengan biji yang kecil. Bahkan jenis mangga kio jay ini dikenal dengan mangga arum manis dalam ukuran jumbo. Mangga Kio Jay ini memiliki ukuran buah yang super besar bobot buah berkisar 1 kg sampai 2 kg.

mangga kio jay


Budidaya Mangga Kio Jay

Jenis mangga kio jay ini sangat cocok dibudidayakan di Indonesia, paling cocok dibudidayakan di dataran rendah dengan cuaca panas. Dari segi perawatan jenis mangga ini juga sangat mudah tidak berbeda dengan jenis mangga lainya. Dan bagi penggemar tanaman buah dalam pot (tabulampot) pohon mangga kio jay dapat ditanam dalam pot. Jika ditanam ditanah atau metode tanam konvensional mangga kio jay ini bisa dipanen secara maksimal pada umur 2 – 3 tahun pasca penanaman. Sedangkan jika ditanam dalam pot bisa lebih cepat dengan catatan dilakukan perawatan dan pemupukan secara berkala.
Untuk perawatan mangga kio jay ini sangat mudah dan tidak perlu dilakukan perawatan khusus, yang terpenting pohon harus mendapat sinar matahari yang cukup. Penyiraman cukup dilakukan setiap sore hari dan pemberian untuk penambahan nutrisi bisa dilakukan tiap dua minggu.


Bibit Mangga Kio Jay

Untuk mendapatkan bibit yang unggul dan cepat berbuah dalam pembibitan bisa menggunakan dengan cara okulasi maupun sambung pucuk.
Untuk metode okulasi ini dengan cara mengawinkan batang bawah dari bibit mangga lokal dengan batang atas dengan mata tunas mangga kio jay. Sedangkan metode sambung pucuk berarti menyambung potongan bagian bawah bibit pohon mangga lokal dengan batang pucuk bibit pohon mangga kio jay. Untuk menghasilkan bibit mangga kio jay dengan kedua metode tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan.
Dengan perawatan yang mudah dan kualitas buah yang bagus, budidaya Mangga kio jay ini masih sangat bagus prospeknya.
Mangga Kio Jay adalah mangga yang berasal dari Thailand yang ukuran bobot buahnya dapat mencapai 2 kg dengan rata-rata beratnya 1,5 kg. Suatu ukuran yang dapat dikatakan besar untuk ukuran mangga. Dalam bahasa Thailand kio berarti hijau dan jay berarti besar sehingga bermakna mangga hijau yang besar. Saat pertama kali dikenalkan di Indonesia sempat terjadi keraguan tentang rasanya. Akan tetapi setelah ana sendiri merasakan, alhamdulillah keraguan itu sirna karena rasa buahnya manis (asal tidak masak pohon dan tidak kalah dengan mangga harumanis), dagingnya tebal, berserat halus dan biji buahnya tipis sehingga sangat cocok utk dikebunkan.

🍒 Mangga Kio Jay dikenal masyarakat indonesia sudah cukup lama dan mangga ini mempunyai keunggulan dalam rasa, berat buah, berserat halus, berbiji tipis, mengkalnya manis dan mempunyai warna kuning bersemburat merah, apalagi cukup terkena sinar matahari, jk kurang terkena sinar matahari akan tetap berwarna hijau meskipun kondisi matang pohon.
Mangga Kio Jay sering dipetik muda karena sudah terasa manis renyah.
Mangga Kio Jay adalah mangga yang enak untuk dikonsumsi dalam keadaan mengkal atau posisi 80% sebelum matang. Jk dikonsumsi sampai matang pohon maka daging buahnya akan terfermentasi sehingga rasanya cenderung masam dan lebih beraroma seperti nanas yang sudah terlalu masak dan tidak terasa renyah sama sekali.

🍐Budi Daya Mangga Kio Jay🍐

🍍 Bibit mangga Kio Jay akan mulai berbuah pada usia tanam 2 tahun dengan produksi mencapai 120 kg/tahun jk ditanam langsung di tanah.
Jika ditanam di dalam pot atau tabulampot akan berbuah sktr 1 tahun sejak pemindahan dari bibit okulasi di polybag ke pot insyaAllah. Pot yang digunakan sebaiknya dg diameter minimal 60 cm.

🍊 Setelah pemilihan dan pemindahan bibit ke pot, langkah selanjutnya adalah perawatan agar tumbuh dan berkembang dg baik. Perawatan pohon mangga kio jay termasuk mudah dan sederhana.
Untuk mendapatkan pertumbuhan optimal hanya diperlukan pemberian nutrisi padat atau cair dengan dicampur air dan penyiraman tiap sore hari.
Dengan menggunakan metode tabulampot pohon akan cepat berbuah dan bisa diusahakan tidak mengenal musim sehingga sepanjang tahun bisa menikmati dan memandang buah yg besar ini dan rumah akan tampak asri dan menarik.
Musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk bertanam mangga Kio Jay sebab curah hujan yang tinggi dan mendung justru akan menghambat pertumbuhan pohon mangga ini karena pohon mangga asal Thailand ini hanya akan tumbuh optimal di cuaca panas.

🍓 Pemupukan
Metode tabulampot adalah sangat tepat utk menghasilkan buah yg cepat dan kontinyu sepanjang tahun. Penambahan nutrisi berupa pupuk padat dan cair dicampur air sangat dianjurkan disamping penambahan pupuk kandang. Penambahan pupuk kandang akan menghasilkan humus yang dapat membantu menyuburkan tanah.
Mangga Kio Jay termasuk mangga yg tahan banting. Dengan perawatan yang sederhana seperti pemupukan padat dan cair yg dicampur air setengah bulan sekali, budidaya mangga Kio Jay pun tidak membutuhkan banyak biaya dan waktu perawatannya.
Yang perlu diperhatikan karena ukuran buahnya yang besar adalah pasokan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman ini haruslah mencukupi kebutuhan. Pemberian air merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan tanaman ini. Cukup disiram sore hari sdh bisa tercukupi kebutuhan airnya.
 Jika tertarik ingin mendapatkan bibit mangga kio jay bisa hubungi kami.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar