Senin, 10 Juli 2017

kengkeng Rubi longan

Bibit Lengkeng Merah – mungkin selama ini apa yang ada di dalam benak anda buah lengkeng adalah buah berbentuk bulat dengan kulit warna kecokelatan, namun apakah anda pernah mendengar kelengkeng merah? Ya, kelengkeng ini memang memiliki kulit buah berwarna merah solid eksotik. Untuk urusan rasa dijamin anda akan puas, kelengkeng merah ini terkenal dengan rasa manisnya yang lezat.
Kelengkeng merah atau yang dikenal juga dengan nama ruby longan memang istimewa dari jenis kelengkeng lain. Kelengkeng merah bukalah hasil persilangan, melainkan hasil dari mutasi gen. gen kelengkeng biasa yang berwarna cokelat mengalamai mutasi gen karena pengaruh radiasi sinar kosmik berupa electron, proton dan energy atom yang menyebabkna perubahan pada tanaman kelengkeng. Tidak hanya buahnya yang berwarna merah, daun, tangkai daun, dan bunga juga mengalami perubahan warna menjadi kemerahan.
Kelengekeng merah ini juga terkenal dengan kemampuanya beradaptasi di berbagai kondisi alam, kelengkeng merah mampu tumbuh subur di dataran tinggi maupun dataran rendah dengan tingkat keasaman tanah berkisar 5,5 – 5,6. Sedangkan iklim yang cocok untuk budidaya kelengkeng yakni tipe iklim B atau basah, iklim D atau sedang, dan. tipe C atau agak basah. Tanaman kelengkeng bisa tumbuh dengan baik di area yang terbuka.




Rasanya yang manis mencapai level 21 briks membuat kelengkeng merah ini menjadi primadona baru bagi para pecinta buah kelengkeng. Daun tanaman kelengkeng merah mengalami perubahan warna pada masa pertumbuhannya, saat daunnya masih muda berwarna cokelat kemerahan, kemudian menjadi hijau saat dewasa dan kembali berwarna cokelat kemerahan saat daun sudah tua.
Bibit Lengkeng Merah dapat ditanam di lahan maupun di dalam pot. Untuk penanaman kelengkeng merah di lahan hal yang perlu disiapkan adalah lubang tanam berukuran 60X60X60 cm dengan jarak antar lubang tanam 10X10 m. setelah membuat lubang tanam, isilah dengan campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1, 3 bagian untuk tanah dan 1 bagian untuk pupuk kandang. Kemudian bibit tanaman kelengkeng merah bisa ditanam. Untuk pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan NPK bunga sebukan sekali dan diteruskan dengan NPK buah pada bulan berikutnya. Jangan lupa untuk disiram dengan air satu hari sekali pada awal pertumbuhan. Untuk masa berbuah, tanaman kelengkeng merah ini sudah mulai berbunga dan berbuah dalam waktu enam bulan. Untuk penanaman di dalam pot menggunakan pot berdiameter 60cm atau lebih dengan media tanam campuran tanah dan kompos, selanjutnya pemupukan dan penyiraman sama dengan cara perawatan di lahan. Untuk diketahui, penyiraman untuk tanaman di dalam pot harus dilakukan satu hari sekali untuk menjaga suplai air tanaman terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar