Selasa, 11 Juli 2017

Sawo Mamay sapote Lorito









Kita harus sabar menanti buahnya yang ekstrajumbo matang pohon dan enak dikonsumsi. Buah sawo berbobot hingga 2,7 kg itu baru siap panen setelah 9 bulan pascaberbunga. Diduga ukuran buah besar dan tekstur daging buah padat menyebabkan proses pembesaran dan pematangan buah butuh waktu lama.
Namun, penantian seumur kehamilan manusia itu terbayar bila kita mencicipi buahnya. Daging buah yang jingga kemerahan bercita rasa manis. Peram dulu buah selama 3 hari baru siap konsumsi. Seorang kolektor tanaman pertama kali mendatangkan bibitnya dari Florida, Amerika Serikat.
Tanaman anggota famili Sapotaceae itu terbukti adaptif di tanahair dan genjah—umur 3,5 tahun dari bibit okulasi mulai belajar berbuah. Di kebun Prakoso Heryono di Kendal, Provinsi Jawa Tengah pada umur 7 tahun tanaman mampu menghasilkan 30 buah. Karakter buah lama matang boleh jadi “menguntungkan” karena pohon selalu terlihat dipenuhi buah.





Buah Mamey Sapote menyerupai buah Sawo pada umumnya, tetapi mempunyai ukuran yang lebih besar, bisa mencapai 4 kali ukuran buah Sawo biasa, dan agak lonjong memanjang. Buahnya sangat manis, berbeda dengan rasa buah Sawo. Karena terdapat campuran rasa didalamnya meliputi rasa manis, asam, dengan struktur buah lembut seperti ketela atau ubi. Mamey Sapote  juga mempunyai bau yang sangat harum apabila buah sudah matang. 

Cara memperbanyak tanaman asal Amerika Tengah ini cukup di bilang tidak mudah dan juga tidak begitu  susah. Entah itu dengan cara sambung pucuk, sambung susu, maupun mencangkok. Dari ketiga pilhan tersebut, upaya perbanyakan bibit Mamey Sapote dengan sambung susu paling banyak dilakukan. Namun, yang perlu diperhatikan dalam teknik tersebut memerlukan batang bawah yang tepat.

Kalau dari pengalaman saya, lebih baik saya saran kan untuk dengan metode sambung susu karena tingkat keberhasilannya mencapai 90%. Sedangkan kalau di cangkok itu menurut saya malah sulit karena tingkat keberhasilannya hanya sekitar 40% ini semua dari hasil uci coba sendiri.
Untuk pembelian bibit buah mamey sapote bisa langsung hub saya di 085229034824. bibit yg saya jual hasil dari metode sambung susu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar