Sabtu, 09 Januari 2016

Cara Agar Pohon Lengkeng Dapat Berbuah

Cara Agar Pohon Lengkeng Dapat Berbuah

Siapa sih yang tidak suka dengan buah yang satu ini, buah yang kecil yang di bungkus dengan kulit yang tipis. Ya namanya lengkeng buah yang dihasilkan dari tanaman lengkeng, buah yang memiliki aroma khas ini memang digemari kebanyakan orang di dunia bahkan di Indonesia maka dengan itu bayak dari sebagian orang yang menanam tanaman buah yang satu ini. Namun permasalahanya adalah karakteristik lengkeng yang sulit untuk berbuah. Sehingga sudah tidak asing lagi bila kita mendengar Lengkeng merupakan tanaman yang sulit untuk berbuah, ya memang benar tapi kalau mengikuti langkah-langjah di bawah ini maka insaaloh tanaman lengkeng akan berbuah yang akan di bahas di bawah ini.

Sebelum kita membahas bagaimana caranya supaya lengkeng cepat berbuah. Namun pembahasan ini kan menjelaskan bagaimana tips menanam tanaman lengkeng di dalam pot, tapi sebenarnya sama-sama sajah dengan menanam langsung di tanah pekarangan yang luas yang akan menghasilkan tanaman lengkeng tersebut cepat berbuah. Berikut kami sajikan beberapa tips untuk membuahkan lengkeng dalam pot/langsung di tanah.

Contoh KLengkeng itoh dalam proses pembunga an.


Bila kita ingin membuat tanaman buah dalam pot sebaiknya memperhatikan bibit tanaman yang akan kita tanam. Ada beberapa jenis lengkeng dataran rendah yang recomended untuk dijadikan tabulampot.
  1. Lengkeng pingpong. Lengkeng pingpong merupakan lengkeng yang sangat mudah berbuah karakteristik dari jenis lengleng pingpong ini adalah memiliki daun yang oppal dan menggulung kebawah. Lengkeng pingpong memiliki buah sesuai namanya hampir sebesar bola pingpong makannya disebut oleh sebagain masyarakat disebut lengkeng pingpong, rasanyan manis dan agak becek dengan biji yang agak besar pula.
  2. Lengkeng diamond River Lengkeng diamond river juga meupakan lengkeng yang mudah berbuah, daunnya panjang sekitar 10-15Cm. Percabangan yang memiliki karakteristik menghabiskan tempat, karena lengkeng diamond river mudah sekali bercabang, namun kurang kuat alias regas. Diamond river memiliki karakteristik buah yang wangi, becek, berair dengan biji relatif kecil bila dibandingkan dengan lengkeng pingpong daun lengkeng diamond river. Dan masih banyak lagi jenis jenis lain yang tidak bisa saya jelaskan satu persatu seperti : Lengkeng gading, Lengkeng Aroma duria, Lengkeng Itoh, Lengkeng Puangray, Lengkeng Kristal, Lenkeng Kaisar ,dll. Bila anda sudah mendapatkan bibit-bibit lengkeng diatas pastikan apakah lengkeng anda berasal dari biji atau hasil okulasi.

  • Pemilihan pot

Pot untuk tabulampot (tanaman buah dalam pot ) bisa berasal dari Drum, Plastik atau sejin kaling yang ukuran diameternya besar.
  • Pemilihan media

Media tanam yang baik adalah campuran tanah, pasir, skam dan pupuk organic maupun pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:2. Pupuk kandang yang digunakan sebaiknya meggunakan taikam/taidom (tai kambing dan Domba), yang mengandung fosfor lebih banyak. Pastikan anda gunakan sterofoam atau pecahan genting di dasar pot setinggi 4-5 cm untuk menghindari media yang basah. Pungsinya campuran tersebut agar tanaman tersebut cepat dalam pertumbuhannya
  • Penyiraman

Mengenai peyeraman, Penyiraman yang baik dianjurkan 2 hari sekali sebanyak 1- 2 gayung saja, karena media yang terbatas. Bila peyiramannya berlebihan ini bisa mengakibatkan akar terendam, busu, bercacing. Efeknya tanaman lengkeng dipastikan akan mati.
  • Pemupukan

Pemupukan sebaiknya dilakukan berkala kira-kira 1 bulan sekali dan jangan berlebihan. Bulan pertama gunakan ZPT, dan bulan berikutnya gunakan pupuk NPK.
Untuk jenis klengkeng LOKAL atau klengkeng ITOH kita anjurkan memakai Pupuk 
NONGFENG KLENGKENG Untuk menghasilakan bunga  buah yang makksimal
Disamping untuk  menghasilkan  bunga//buah yang maksimal,Pupuk NONGFENG KLENGKENG Juga dapat membungakan dan membuahkan diluar musim.
  • Pemangkasan

Pemangkasan diperlukan untuk memperindah tajuk. Rumus pemangkasan yang baik seharusnya menggunakan pola 1:3:9. Dengan banyaknya cabang maka tempat calon bakal bunga akan banyak pula.
  • Pencahayaan

Agar lengkeng cepat berbuah sebaiknya disimpan pada tempat yang memiliki pencahayaan 6-7 per hari.

Semoga artikel yang kami tulis di atas bisa bermanfaat bagi pencinta tanaman.
INFO / HUB
DWI NN 085229034824
                     TEMUKAN KAMI

                                             https://twitter.com/bibitbuah008   https://www.instagram.com/dwi_nakata_klaten/  https://plus.google.com/+DwiNn/posts
                                                 //www.facebook.com/Dhelta-Jual-Bibit-Buah-1578174759108976/?pnref=story
                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar