Selasa, 26 Januari 2016

LENGKENG TAMBULAPOT

Tabulampot Lengkeng














Karena sifatnya yang genjah (gampang/cepat dan rajin berbuah) maka lengkeng dataran rendah sangat cocok untuk dijadikan koleksi tabulampot, disamping untuk dikebunkan tentunya. Merawat tabulampot lengkeng tidak sulit. Yang penting syarat tumbuhnya terpenuhi dengan baik.

Secara umum perawatan tabulampot lengkeng sama saja dengan perawatan tabulampot lainnya seperti yang kami sajikan dalam bagian/halaman tabulampot atau klik disini. Perlakuan tambahan yang perlu diperhatikan hanya beberapa hal berikut ini.
  • Untuk Lengkeng Itoh yang disebut-sebut lebih sulit berbuah, perlakuan pemupukan dalam proses pembungaan dilakukan dengan lebih intensif dan menyeluruh. Artinya, perlu aplikasi pupuk P dan K lebih tinggi secara berulang yang dibarengi dengan pemberian asam amino dan unsur hara mikro yang cukup. Beberapa kolektor melakukan perlakuan dengan pemberian Potasium Klorat atau Sodium Chlorate. Tapi untuk yang terakhir ini hati-hati. Pemberian yang tidak benar hanya akan merusak tanaman.
  • Untuk Lengkeng Pingpong, karena cabangnya yang cenderung ngelancir, lakukan pemangkasan agar terbentuk cabang-cabang baru dan tabulampot jadi rimbun.
  • Untuk jenis Diamond River, Aroma Duren, Puang Ray, tanpa perlakuan khusus pun sudah cukup dan tabulampot tetap rajin berbuah.
  • Letakkan tabulampot dilokasi yang mendapat sinar matahari langsung.
 SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar