Rabu, 06 Januari 2016

DUKU PALEMBANG


AnalisaToday – Duku atau dalam bahasa Latin disebut Lansium domesticum merupakan salah satu buah segar dari Palembang, Sumatera Selatan. Buah duku adalah buah musiman, rasanya yang manis dan lembut membuat para penggemar ketagihan. Selain rasanya yang manis, Duku juga merupakan buah favorit bagi masyarakat kota Palembang. Jika panen, sangat mudah untuk menemukan di Duku. Harga yang ditawarkan untuk buah duku  relatif kecil, karena sedang musim panen.
Duku Palembang memang banyak ditemui di kota Palembang, tetapi apakah Anda tahu asal buah duku? Duku Palembang bukanlah buah yang berasal dari kota Palembang. Duku Palembang dari Oku yang masih termasuk bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Di daerah ini, ada begitu banyak Duku tumbuh pada fistula sungai, lebih tepatnya di Martapura Sumatera Tenggara. Buahnya manis dan besar.
Buah duku berbeda sifat dan buahnya. Berdasarkan draft, ada dua kelompok utama buah ini dikenal sebagai disebut Duku dan Langsat. Kelompok buah Duku umumnya memiliki pohon besar dan padat dengan daun hijau terang. Tumpukan Duku relatif singkat dan mengandung sedikit buah. Duku butiran yang lebih besar, bentuk bulat dan kulit yang tebal sedikit. Namun buah tidak bergetah, biji kecil, daging padat dan rasa manis.
Sementara pohon Langsat cenderung tipis, tidak padat dedaunan hijau tua dengan cabang tegak. Tandan buah zaitun panjang dan tebal mengandung sekitar 15 sampai 25 cluster gandum. Buah zaitun memiliki kulit tipis, gummi kecil dan rasa asam manis. Palembang sendiri banyak orang yang lebih tahu Duku dibandingkan dengan buah Langsat.
Harga pasar untuk Duku Palembang sendiri berkisar dari Rp 5.000 hingga Rp 8.000/kilogram. Jika panen berlimpah, dan pada saat yang sama, harga bisa jatuh bahkan mencapai Rp 1.5000 per kilogramnya.
Jadi, setelah Anda melihat bagaimana potensi bisnis kota Palembang tepatnya di daerah OKU ini yang dapat menjadi peluang bisnis yang mendatangkan untung besar. Tak ada salahnya bila Anda mulai mengangkat potensi bisnis daerah ini sebagai peluang bisnis baru yang mampu mengangkat perekonomian di daerah Anda.

2 komentar:

  1. Jual keranjang untuk buah dukuh dan Kelengkeng 085868607736 stok melimpah

    BalasHapus
  2. Cari yang nak jual duku dg harga lumayan buat diecerkan yg minat nak jual hub 083178258045,

    BalasHapus