Senin, 08 Februari 2016

BIBIT TANAMAN BEACH CERRY

               TANAMAN BEACH CERRY

tanaman beach cerry

Beach Cherry merupakan salah satu varian pohon Cherry yang buahnya paling manis di antara varian yang lain (katanya sih begitu). Varian ini biasa juga disebut dengan nama lainnya “Cedar Bay Cherry”. 

Habitat aslinya biasa ditemui di hutan hujan tropis seperti Indonesia, Australia, Queensland atau kepulauan Pasifik.

TANAMAN BEACH CERYY


Asal bibitnya dari biji. Saat ini usianya sudah 1 tahun 4 bulan kurang lebih. Buah mudanya berwarna hijau. Jika sudah akan matang, buahnya akan berubah menjadi oranye dan kemudian menjadi merah mengkilat. Rasanya ternyata enak juga, manis dan segar. Saat ini adalah periode kedua si Becy berbuah. Awal berbuah dulu masih banyak yang gugur, setelah rajin dipupuk, baru deh buahnya besar dan matang.

Pohon Beach Cherry ini adaptif untuk daerah panas maupun dingin, jadi bisa ditanam di mana saja. Saya sendiri tinggal di Klaten yang cuacanya cenderung panas. Sangat mudah dipelihara, ga rewel dan ga ribet. Cukup rutin disiram, dia suka sekali diguyur air, jangan sampai kering media tanamnya. Kalau mau pohonnya rimbun dan banyak cabang, cukup dipotesin saja tunas mudanya agar keluar cabang dan daun baru. Saya dikasih tahu teman nih tips ini.

Untuk pemupukan, biasanya saya siram air rendaman kotoran kambing, sesekali dikasih MOL nasi juga. Bisa juga dipupuk di permukaan media dengan pupuk kandang, kompos, atau disiram pupuk cair. Kalau sehabis nyuci beras, air cuciannya saya siramkan juga ke pohon Beach Cherry ini. Alhamdulillah, subur juga ya, Allah memberikan kemudahan agar si Becy tumbuh besar.
tanaman beach cerry

Untuk perbanyakannya, kata teman-teman saya, Beach Cherry ini lebih mudah diperbanyak lewat biji ketimbang stek atau cangkok yang akarnya akan sangat lama keluar. Nah, kalau kita ingin memperbanyak pohon Becy di rumah, semai saja biji dari buah yang matang. Biasanya 1 tahun lebih sudah belajar berbuah (katanya). Ga ada salahnya dicoba, kan? Selain buahnya manis, pohon ini juga cantik lho untuk dijadikan elemen penghias taman atau teras rumah.
Ini nih foto si Becy saat buahnya masih unik dan yang sudah matang. Cantikkkkkkk…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar