Minggu, 07 Februari 2016

SRIKAYA MERAH

Srikaya merah

Srikaya merah“Srikaya merah merupakan hasil okulasi buah lokal dengan varietas asal Australia,” 
Buah yang memiliki biji berwarna coklat tua ini berbeda dengan buah srikaya biasanya. Tanaman ini berbuah setelah ditanam selama satu setengah tahun. Aroma harum dan rasanya yang manis menjadi kelebihan srikaya merah. “Karena masih langka di pasaran, masyarakat membudidayakan secara mandiri, sehingga harga bibitnya pun masih dibandrol cukup agak mahal.
Abdullah mengatakan, budidaya srikaya merah ini tidak jauh berbeda dengan tanaman buah umumnya. Namun dia mengingatkan, yang terpenting adalah tanaman ini harus terkena sinar matahari langsung.
Perawatan yang dilakukan pun cukup mudah dengan melakukan penyiraman secara teratur. Pemupukan yang dilakukan pun harus sesuai dengan takaran. Bisa juga menggunakan pupuk herbal. “Agar cepat berbuah, cukup dengan menggunakan perangsang buah,” katanya.
 jika tidak mempunyai lahan yang cukup luas, tanaman srikaya merah bisa ditanam dengan sistem tabulampot. Namun dengan cara tersebut, tidak bisa bertahan lama hanya bertahan hingga 6 tahun. “Dengan menggunakan pot besar dari batu, akan lebih lama hingga tanaman dewasa,” ujarnya.
Selain rasa yang manis, buah ini mempunyai khasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Semua bagian dari tanaman ini bisa untuk obat herbal. Daun srikaya bisa untuk mengobati batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat, diare, serta disentri.
Sedangkan akar bisa untuk mengobati sembelit, disentri akut, depresi mental, dan nyeri tulang punggung. Bijinya untuk mengatasi pencernaan lemah, cacingan, dan mematikan kutu kepala. Buah yang masih muda berkhasiat mengobati diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan. Namun yang perlu diperhatikan, bagi ibu hamil dilarang mengkonsumsi rebusan biji srikaya. Sebab, mengandung racun yang bisa membahayakan kehamilan.
https://www.facebook.com/dhelta.bibitbuah?fref=nf


https://www.facebook.com/dhelta.bibitbuah?fref=nf
   
https://www.facebook.com/dhelta.bibitbuah?fref=nf
Referensi :  Walaupun buah srikaya ini kulitnya berwarna merah keunguan, namun daging buahnya tetap      berwarna putih seperti halnya dengan buah srikaya berkulit hijau. Keistimewaan buah srikaya ini, rasa daging buahasal australia ini rasanya manis sekali dan harum.disertai warna buah yg sangat menarik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar